-->

Kenali Pengertian Dan Perbedaan Statistik Dan Statistika

Sudahkah Anda mengetahui dasar dari perbedaan statistik dan statistika? Memang kita sering mendengar bahwa statistik dan statistika itu sama dalam artian niscaya bekerjasama dengan angka. Statistik dan statistika memang suatu ilmu pengetahuan yang sanggup dipelajari di kursi sekolah dan perkuliahan. Fungsi keduanya memang untuk membandingkan serta menuntaskan suatu permasalahan. Namun sebagian orang resah perihal perbedaan dasar kedua ilmu tersebut yang berakibat kesalahan dalam penafsiran.
 Memang kita sering mendengar bahwa statistik dan statistika itu sama dalam artian niscaya b Kenali Pengertian dan Perbedaan Statistik dan Statistika

Bagi Anda yang resah mengetahui perbedaan kedua ilmu tersebut, berikut ini saya jelaskan pengertian statistik dan statistika. Statistik yaitu kumpulan angka mengenai suatu permasalahan sehingga sanggup memperlihatkan suatu citra dari permasalahan tersebut. Sedangkan statistika yaitu suatu metode ilmiah yang mempelajari teknik pengumpulan, perhitungan, penggambaran, pengaturan data disertai dengan penarikan kesimpulan yang valid dari penganalisaan yang dilakukan serta pembuatan Keputusan secara rasional.

Nah kita sudah mengetahui apa itu pengertian dari statistik dan statistika, selanjutnya semoga lebih terperinci kita harus mengetahui secara detail perbedaan statistik dan statistika dari segi pengumpulan data. Berikut ini jenis pengumpulan data dari kedua ilmu tersebut.

1. Statistik
Jenis data statistik berdasarkan cara memperolehnya dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang secara pribadi diambil melalui obyek penelitian oleh peneliti secara individu maupun kelompok. Misalnya wawancara pribadi penonton bioskop XXI untuk penelitian pretensi konsumen bioskop. Sedangkan data sekunder yaitu data yang didapat secara tidak pribadi dari obyek penelitian. Disini peneliti menerima data yang sudah dikumpulkan oleh pihak lain melalui aneka macam cara, baik komersial maupun tidak komersial. Misalnya peneliti memakai hasil riset dari surat kabar yang akan dipakai untuk penelitian statistiknya.

2. Statistika
Statistika berbeda dengan statistik, kalau dalam statistik terdapat jenis pengambilan data namun di dalam statistika terdapat metode pengambilan sampel yang terdiri dari dua teknik, yaitu teknik sampling dan teknik berdasarkan peluang dan teknik sampling tidak berdasarkan peluang. Teknik sampling berdasarkan peluang yaitu teknik pengambilan sampel dengan setiap unit observasi yang terdapat dalam populasi tersebut mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan pilihan sampel. Sedangkan teknik tidak berdasarkan peluang yaitu teknik pengambilan sampel di mana setiap unit dalam populasi tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel.

Nah, itulah perbedaan kedua ilmu tersebut dilihat dari jenis maupun teknik pengambilan data. Meskipun banyak sekali perbedaannya namun perbedaan yang paling fundamental yaitu dilihat dari pengertian serta teknik, jenis pengambilan data. Dari paparan diatas sanggup diambil kesimpulan perbedaan statistik serta statistika. Jika statistik yaitu kumpulan angka yang didapat dari suatu permasalahan dan berfungsi untuk memperlihatkan citra dari problem tersebut. Sedangkan statistika yaitu Metode ilmiah yang dipakai untuk menuntaskan data-data yang berisi suatu citra obyek masalah.

Demikian klarifikasi dari perbedaan statistik dan statistika yang sudah dijelaskan diatas. Semoga sanggup menambah wawasan pengetahuan Anda terhadap ilmu perhitungan yang dipakai dalam penelitian. Terima kasih.
LihatTutupKomentar