-->

Umpan Jitu Mancing Ikan Baronang - Tips, Trik Dan Teknik

Umpan Ikan Baronang - Indonesia terkenal sebagai negara dengan wilayah maritim yang luas. Mulai dari maritim dalam hingga pesisir pantai dan rawa bakau melimpah akan jenis-jenis ikan sebagai nirwana bagi pemancing. Salah satu ikan favorit bagi pemancing maritim ialah ikan Baronang. Ikan Baronang  merupakan ikan terkenal yang banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sumber protein tinggi. Di samping memiliki daging yang lembut, citarasanya pun tak kalah dengan ikan maritim lainnya. Khusus bagi pemancing, ikan Baronang ialah ikan favorit dengan gerakan yang gesit dan tarikan yang kuat. Pengalaman strike ikan ini sangat disukai kalangan pemancing.
 Indonesia terkenal sebagai negara dengan wilayah maritim yang luas Umpan Jitu Mancing Ikan Baronang - Tips, Trik dan Teknik
Baca juga : Umpan jitu ikan bader
Umpan jitu mancing ikan Baronang biasanya menggunakan lumut laut. Namun lantaran ikan Baronang termasuk ke dalam ikan pemakan segala (omnivora) maka umpan berupa udang, belahan daging ikan, daging kepiting dan cacing pun mereka mau menyambarnya. Berbagai macam umpan sanggup dimanfaatkan untuk mendapat ikan berduri ini sanggup berupa rumput laut, lumut pantai, nasi ketan yang dibaluri tepung kunyit, udang amis dan cacing tanah. Ada juga yang menggunakan irisan hati ayam, nasi yang dikepal-kepal dan bahkan kue-kue yang biasa dikonsumsi insan pun mereka doyan. Segala macam umpan tadi sanggup digunakan lantaran ikan Baronang tergolong sebagai ikan yang rakus. Namun sebelum menentukan umpan jitu apa yang akan digunakan , pelajari dulu lokasi pemancingan.
 Indonesia terkenal sebagai negara dengan wilayah maritim yang luas Umpan Jitu Mancing Ikan Baronang - Tips, Trik dan Teknik

Umpan jitu mancing ikan Baronang

Ada juga yang mau bersusah payah menciptakan sendiri umpan jitu mancing ikan Baronang dengan bahan-bahan  250 g tepung terigu, kunyit bubuk, terasi dan air seperlunya. Masukkan terigu ke dalam ember dan tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. Jangan terlalu encer. Tambahkan bubuk kunyit sebagai pewarna dan terakhir masukkan terasi, uleni sehingga semua materi tercampur rata. Umpan siap digunakan menangkap Baronang.

Gambar Ikan Baronang

 Indonesia terkenal sebagai negara dengan wilayah maritim yang luas Umpan Jitu Mancing Ikan Baronang - Tips, Trik dan Teknik
Untuk spot pemancingan tak usah susah-susah mencari lantaran ikan Baronang ini tidak sulit ditemukan di daerah tambak, dermaga pelabuhan, muara sungai hingga perairan maritim dangkal. Spot berupa rumpon kerang Hijau atau di sekitar terumbu karang dan break water atau pemecah ombak dan bahkan di sekitar kapal tenggelam pun ada. Di lokasi-lokasi tersebut tentunya banyak ditumbuhi majemuk lumut sebagai masakan kesukaan ikan Baronang.

Ikan baronang atau istilahnya rabbitfish lazim menggunakan tekhnik mancing negeg. Yaitu menggunakan stick pancing tegeg (pole rod) dengan panjang 4.5 hingga 5.4 m. Mata kail pun khusus menggunakan model garong yakni beberapa mata pancing tunggal yang disatukan. Namun tak harus demikian, ikan Baronang pun sanggup dipancing menggunakan pancing tunggal dan joran spinning. Tak serupa dengan ikan maritim lainnya yang menyambar umpan, ikan Baronang makan umpan dengan mengkerikiti sembari ditekan. Persis ibarat makannya kelinci. Untuk itu penggunaan pelampung sangat bermanfaat dikala memancing ikan ini. Pelampung yang digunakan sanggup berupa pelampung gantung dan juga pelampung celep. Bentuk dan warnanya bermacam-macam, ada yang bulat, oval, kerucut dan lain sebagainya.
LihatTutupKomentar