-->

Perbedaan Candi Hindu Dan Budha Yang Gampang Untuk Anda Pahami

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tidak mengetahui perbedaan Candi Hindu dan Budha? Jika iya, maka simak uraian berikut yang akan membagikan gosip mengenai perbedaan dari Candi Hindu dan juga Candi Budha. Candi yaitu salah satu bangunan peninggalan sejarah yang berkaitan bersahabat dengan budaya, peradaban dan juga agama pada masa itu. Indonesia mempunyai banyak candi yang tersebar di aneka macam daerah. Candi-candi tersebut terbagi atas 2 kelompok berdasarkan keagamaannya, di antaranya yaitu Candi Hindu dan juga Candi Budha.
 Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tidak mengetahui  Perbedaan Candi Hindu dan Budha yang Praktis untuk Anda Pahami

Kedua candi ini ternyata tidak hanya berbeda dari sisi keagamaannya saja tetapi juga mempunyai perbedaan lainnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara Candi Hindu dan Candi Budha, ini ia perbedaannya yang sanggup Anda ketahui:

- Bagian-bagiannya
Candi Hindu dan Candi Budha masing-masing terdiri dari 3 bagian. Untuk Candi Hindu, bagian-bagiannya antara lain yaitu Bhuloka yang merupakan lambang kehidupan di dunia, Bhurvaloka sebagai lambang penantian dan juga Svarloka yang berarti kehidupan para dewa. Sedangkan Candi Budha sendiri terdiri dari Kamadhatu yang merupakan lambang dari perjalanan hidup manusia. Kemudian Rupadhatu yang merupakan gambar dari hawa nafsu insan dan juga Arupadhatu yaitu kehidupan insan yang telah meninggal.

- Bentuk
Jika dilihat dari bentuknya, Candi Hindu dan Candi Budha mempunyai perbedaan yang sangat terlihat jelas. Candi Hindu mempunyai bentuk yang umumnya tinggi dan menjulang, sedangkan Candi Budha mempunyai bentuk yang lebih datar.

- Stupa
Jika Anda berkunjung ke Candi Hindu, Anda tidak akan menemukan stupa. Begitu juga sebaliknya, Anda akan menemukan stupa jikalau berkunjung ke Candi Budha.

- Arca
Untuk Candi Hindu, arca yang dipakai yaitu patung Dewa Trimurti (Brahma, Wisnu, Siwa, Durgamashisaramardini, Ganesha dan Agastya). Sedangkan arca yang dipakai untuk Candi Budha yaitu kelompok Dyani Budha dan juga Dyani Bodhisatwa.

- Fungsi
Jika dilihat dari fungsinya, Candi Hindu sering dipakai sebagai tempat untuk memakamkan raja, menyimpan dan juga pembakaran jenazah. Sedangkan fungsi dari Candi Budha sendiri yaitu hanya dipakai untuk memuja dewa-dewa saja.

- Penggambaran cerita
Candi Hindu biasanya memakai relief untuk penggambaran kisah dari Ramayana dan juga Krisnayana. Sedangkan Candi Budha menampilkan Lelitavistara dan juga Avadana atau Jataka.

Itulah beberapa perbedaan yang cukup terang terlihat untuk Candi Hindu dan Candi Budha. Setelah membaca ulasan tersebut tentu Anda akan lebih gampang mengetahui apakah candi yang Anda lihat yaitu Candi Budha atau Candi Hindu. Contoh dari Candi Hindu yang ada di Indonesia antara lain yaitu Candi Prambanan, Candi Cangkuang, Candi Panataran, Candi Gedong Songo dan Candi Dieng. Sedangkan rujukan Candi Budha antara lain yaitu Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Jago, Candi Sewu dan Candi Sanggrahan. Sekian dan biar gosip perbedaan Candi Hindu dan Budha ini sanggup membantu Anda dalam membedakan candi berdasarkan keagamaan.
LihatTutupKomentar