-->

Manfaat Sirih Merah

Manfaat Sirih Merah - Tanaman Sirih merah atau nama ilimiahnya ialah piper crocatum tampaknya tidak begitu beken jikalau dibanding dengan saudaranya si sirih hijau utamanya di kalangan masyarakat Indonesia. Flora ini malah seringnya terkenal sebagai tanaman hias, sekalipun manfaat sirih merah untuk kesehatan tak terhitung banyaknya. Morfologi daun sirih merah ataupun sirih hijau tak berbeda cuma saja daun sirih merah dengan warna merah agak perak.
 Tanaman Sirih merah atau nama ilimiahnya ialah piper crocatum tampaknya tidak begitu be Manfaat Sirih Merah
baca juga : Manfaat Senam Aerobik

Daun sirih merah mempunyai kandungan senyawa fitokimia berupa  saponin, alkaloid, terpenoid, flavonoid dan tanin. Senyawa aktif yang paling banyak berupa senyawa alkoloid. Senyawa ini termasuk sebagai materi organik dengan kandungan nitrogen. Sementara unsur lain Sama polevenolad dan  flavonoid mempunyai efek sebagai anti-diabetes,  antioksidan, anti kanker, anti-bakteri sekaligus juga sebagai senyawa anti-inflamasi.

Di luar beberapa senyawa tadi pastinya masih ada lagi senyawa bermanfaat lain yang terkandung pada daun sirih merah.  Senyawa tanin contohnya, unsur ini bermanfaat dalam menyembuhkan gangguan pencernaan. Sama menyerupai pada sirih hijau, sirih merah pun sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyembuh sakit keputihan sekaligus juga memelihara kesehatan organ intim wanita. Cukup rebus 10 helai daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tadi untuk mencuci alat vital perempuan maka kasus keputihan dan penyakit organ intim lainnya sanggup dituntaskan. Sirih merah kecuali menjadi tanaman hias terbukti pula dalam menyembuhkan bermacam macam penyakit gawat contohnya kencing manis, kanker, tekanan darah tinggi, sumbatan kerikil ginjal, ambeien dan penyakit hati.

Guna memperoleh manfaat kesehatannya maka daun sirih merah dimasak bersama air hingga mendidih dan air rebusan menyusut. Untuk 3 helai daun sirih merah  renta cukup direbus menggunakan 3 gelas air. Air hasil rebusan tadi sangat mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan bermacam macam penyakit. Air rebusan sirih merah memang pahit terasa, maka itu guna menghilangkan rasa pahit itu boleh ditambahkan sedikit madu. Air rebusan sirih merah lalu diminum 3 kali sehari pada waktu pagi, siang serta malam hari menjelang tidur.  Air rebusan daun sirih merah pun sanggup dipakai sebagai obat kumur untuk menjaga kesehatan ekspresi dan gusi sekaligus juga untuk memperoleh nafas yang segar dan ekspresi yang tak bau.

Sekarang sirih merah telah banyak diproses berbentuk ekstrak murni ataupun dengan dicampur materi herbal lainnya. Ekstrak sirih merah ini banyak ditawarkan di toko herbal maupun klinik pengobatan herbal. Tak usah khawatir jikalau ingin mengkonsumsi ekstrak sirih merah ini alasannya ialah khasiat kesehatannya tak akan menurun.
LihatTutupKomentar