-->

Manfaat Udara Bagi Kehidupan

Manfaat udara bagi kehidupan - Manfaat udara bagi kehidupan di bumi sangat penting. Bila tak ada udara maka seluruh makhluk hidup di bumi akan segera musnah. Setidaknya ada 11 manfaat udara bagi kehidupan yaitu :
 Manfaat udara bagi kehidupan di bumi sangat penting Manfaat udara bagi kehidupan
baca juga : Manfaat USG 4 Dimensi

1. Menjadi tameng dari radiasi cahaya matahari dimana sebagiannya akan di-absorbsi oleh udara dengan begitu temperatur bumi tak tinggi.

2. Menjadi sumber beberapa unsur yang diharapkan oleh makhluk hidup contohnya oksigen untuk bernafas dan nitrogen untuk fotosintesa tumbuhan.

3. Menjadi pengaman bumi dari benturan obyek langit lain contohnya sejumlah meteorit yang bergesekan dengan atmosfer bumi sebelum mencapai muka bumi.

4. Mendukung komunikasi alasannya ialah lapisan udara dengan ketinggian 60 km bisa sebagai pemancar gelombang radio. Adanya satelit untuk berkomunikasi, satelit cuaca untuk memantau kondisi cuaca dan Telementry Data Relay Satellite untuk memotret permukaan bumi.

5. Memfasilitasi penyerbukan tanaman.

6. Untuk pernafasan makhluk hidup.

7. Memproteksi bumi dari ancaman radiasi benda langit lainnya.

8. Mengandung uap air yang lalu menjadi air hujan.

9. Membuat subur tanah pertanian.

10. Menjadi energi alternatif contohnya Pembangkit Listrik Tenaga Angin , mendorong bahtera layar , menerbangkan layang-layang dan menggerakkan kincir angin.

11. Memberi dampak pada cuaca secara umum.

Udara kotor yang disebabkan oleh bubuk maupun asap pembakaran akan menjadikan kandungan oksigen di udara menurun. Kondisi tersebut sangat berbahaya untuk kehidupan di bumi. Sehingga harus diusahakan sejumlah tindakan demi mempertahankan udara tetap terjaga kebersihannya yang diantaranya ialah :

1. Mengintensifkan penanaman pohon dan tumbuhan hias di sekeliling kita. lantaran tumbuhan bisa meng-absorbsi senyawa gas di udara yang berbahaya untuk manusia. Tanaman bisa menghasilkan oksigen lewat fotosintesa.

2. Mengusahakan penurunan emisi gas pembakaran berupa pembakaran hutan ataupun asap dari knalpot kendaraan dan cerobong asap sebagai pelaku utama pembuat kotor udara perkotaan dan lingkungan industri.

3. Membatasi penggunaan gas kimia yang bisa melubangi lapisan ozon di atmosfer. Freon ialah gas yang sering digunakan untuk pendingin AC dan lemari es tak terkecuali di sejumlah produk kosmetik. Freon bisa berikatan dengan ozon yang mengakibatkan lapisan ozon menipis dan berlubang di sana sini. Lapisan ozon sendiri berfungsi untuk penyaring bagi bumi, alasannya ialah bisa merefleksikan lagi sinar UV ke angkasa.

4. Memakai kendaraan bermotor ramah lingkungan. Memakai sarana transportasi sehat contohnya sepeda ataupun kendaraan bertenaga. Mengharuskan kalangan perusahaan aau pabrik memiliki penyaring gas yang dibuang ke udara. Tak menggunakan peranti yang menggunakan CFC (Chlorofluorcarbon).
LihatTutupKomentar