-->

Cara Memasak Lontong

Lontong merupakan sajian khas dari Indonesia yang dibentuk dari beras yang dibungkus memakai daun pisang dan dimasak memakai air beberapa jam dan apabila air akan habis, dimasukkan air lagi hingga beberapa kali. Lontong seringnya dihidangkan bersama sate, rujak, maupun gule kambing. Cara pengolahan lontong lebih sederhana dari mmbuat ketupat. Ketupat pun dibentuk dari beras namun diisikan dalam anyaman janur dan biasanya dijumpai di lebaran Idul Fitri alasannya yaitu terdapat budaya Jawa yang menetapkan hari ke lima hari raya Idul Fitri yaitu lebaran ketupat.
 merupakan sajian khas dari Indonesia yang dibentuk dari beras yang dibungkus memakai  Cara Membuat Lontong

Lantaran dimasak memakai bungkus daun pisang, lontong sanggup memiliki warna hijau di bab luarnya dan putih di sebelah dalam. Lontong sering dijumpai di sejumlah tempat di tanah air kita menjadi masakan pengganti nasi. Kendati berasal dari beras, lontong memiliki aroma yang khas berasal dari daun pisang. 

Cara Memasak lontong maupun ketupat itu mudah, dengan syarat anda paham kiat dan caranya. Untuk itu ikuti langkah langkah berikut ini :

- Dalam Memasak lontong pertama kali sediakan daun pisang watu yang tak begitu tua. Gunakan lap kering untuk membersihkannya. Potong dengan ukuran kurang lebih 30 x 20 cm.

- Beras dicuci hingga bersih. Anda sebaiknya memakai jenis beras pandan wangi, rojolele dan mentik. Kemudian rendam memakai air kurang lebih satu jam. Apabila ingin boleh dimasukkan sejumlah kecil air kapur sirih. Kemudian ditiriskan.

- Sediakan lidi daun kelapa untuk menyemat.

- Ambil 2 lembar daun pisang dan buat gulungan dimana sisi hijau menjurus ke dalam dan serupa bentuk silinder. Hal tersebut bertujuan semoga lontong memiliki warna hijau. Semat satu ujung daun memakai lidi.

- Masukkan beras dalam gulungan daun pisang hingga kurang lebih separo gulungan lalu semat ujung yang lain memakai lidi.

- Tempatkan lontong dalam panci tinggi dalam keadaan berdiri.

- Masukkan air hingga lontong terendam, boleh juga dimasukkan irisan daun pandan dalam air untuk merebus.

- Rebus memakai api sedang kurang lebih 2 jam, jikalau air berkurang masukkan air panas. Rebus hingga lontong kenyal dan padat.

- Ambil lontong dan tiriskan dengan keadaan berdiri.

Apabila ingin cara lebih ringkas, anda boleh mengikuti cara berikut ini :

- Masak beras yang telah direndam bersama air sesuai kebutuhan hingga jadi nasi aron (nasi separo matang). Tinggi air kurang lebih 2 cm dari permukaan beras.

- Buat gulungan dari daun pisang dan isi dengan 4 sendok makan nasi aron selanjutnya semat kedua sisi daun memakai lidi.

- Sesudah itu rebus lontong ibarat umumnya memasak lontong kurang lebih satu jam.

- Apabila tersedia pressure cooker, anda pun boleh menggunakannya. Tempatkan lontong pada pressure cooker ini dan tambahkan air hingga terendam.

- Lontong dimasak kurang lebih 30 menit terhitung saat panci mulai mendesis.
LihatTutupKomentar