-->

10 Manfaat Daun Kemangi

10 Manfaat Daun Kemangi - Nusantara kita ini memiliki tanah yang subur dengan banyak sekali macam tumbuhan. Berbagai jenis tumbuhan itu ada yang dimanfaatkan sebagai materi masakan dan sebagian ada yang dimanfaatkan sebagai materi obat. Satu diantara tumbuhan itu ialah kemangi. Daun kemangi di samping sebagai embel-embel hidangan makanan, daun kemangi pun menjadi materi obat tradisional yang berguna menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Sebagian manfaat daun kemangi bagi kesehatan ialah sebagai berikut :

 Nusantara kita ini memiliki tanah yang subur dengan banyak sekali macam tumbuhan 10 Manfaat Daun Kemangi
baca juga : Manfaat Daun Pepaya Sebagai Pelawan Kanker

1. Meredakan demam
Daun kemangi berguna menurunkan demam. Bermanfaat pula dalam menurunkan derita demam pada penderita malaria dan demam berdarah. Untuk demam tinggi, anda sanggup mencampurkan daun kemangi dan serbuk kapulaga yang lalu direbus memakai 1/2 liter air. Minuma ramuan tadi, atau sebelumnya anda boleh menambahkan sedikit gula ataupun susu.

2. Meredakan batuk
Daun kemangi pun bermanfaat sebagai materi pereda batuk dan penghilang dahak. Senyawa pada daun kemangi sanggup meluruhkan lendir pada penderita asma dan bronkitis. Di samping itu daun kemangi pun boleh dimakan begitu saja untuk meredakan tanda-tanda flu .

3. Obat sakit tenggorokan
Anda sanggup merebus daun kemangi dan menggunakannya sebagai larutan kumur yang dilakukan 2 kali sehari.

4. Problem pernapasan
Dengan merebus daun kemangi beserta adonan madu dan jahe akan berguna mengurangi derita flu, bronkitis dan asma. Jika anda tak suka dengan rasa pedas jahe,  anda sanggup menggantinya dengan cengkeh dan sejumlah kecil garam.

5. Penggempur kerikil ginjal
Manfaat daun kemangi lain yakni meredakan nyeri kerikil ginjal sekaligus mengeluarkannya. Anda sanggup meracik jus daun kemangi dicampur madu, diminum rutin dalam 6 bulan.

6. Menyembuhkan sakit jantung
Daun Kemangi pun berjasa untuk kesehatan jantung. Daun kemangi sanggup meredakan derita  sakit jantung serta  menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Pereda stres
Daun Kemangi memiliki pengaruh adaptogen alias senyawa anti-stres. Riset mengambarkan bahwa daun kemangi  sanggup menciptakan tunjangan faktual dalam melawan tanda-tanda stres. Bila anda tak ingin terkena stres dengan pekerjaan berat yang tengah anda tangani, anda sanggup memakan 12 lembar daun kemangi dua kali sehari guna menghindarkan munculnya stres.

8. Mengobati jerawat pada mulut
manfaat daun kemangi akan menurunkan tingkat jerawat dalam mulut. Anda sanggup memakan beberapa helai daun kemangi untuk keperluan ini.

9.  Meredakan nyeri kepala

Daun kemangi pun ternyata sanggup meredakan nyeri kepala. Dengan merebus daun kemangi untuk lalu diminum atau dengan menumbuk daun kemangi bersama daun cendana untuk selanjutnya dibalurkan pada kening atau bab kepala yang nyeri.

10. Mengobati sakit mata
Manfaat daun kemangi sanggup juga diaplikasikan sebagai obat alami sakit mata yang kebanyakan diakibatkan oleh defisiensi vitamin A.
LihatTutupKomentar