-->

5 Manfaat Daun Sirih

5 Manfaat Daun Sirih - Daun sirih punya bermacam-macam kegunaan bagi kesehatan tubuh insan satu diantaranya sering digunakan untuk meredakan pendarahan ketika terjadi mimisan. Tanaman sirih ialah tumbuhan merambat yang tergabung dalam famili Piperaceae. Tumbuhan sirih memiliki aneka macam sebutan lain contohnya betelhe, vitele di Portugal, betel di Prancis dan ju jiang di China. Manfaat daun sirih terutama alasannya ialah kandungan unsur kimia yang terdapat dalam daun sirih diantaranya ialah minyak esensial, chavicol, hydroxycatechol, chavibetol, methyl eugenol, eugenol, cadinene, kariofilena, estragol, fenil propana, terpennena, tanin, seskuiterpena, diastase, zat pati dan gula.
Konsentrasi unsur kimia itulah yang menjadikannya sanggup mengatasi pendarahan ketika mimisan. Tak cuma untuk mimisan, manfaat daun sirih pun efektif mengatasi pendarahan luka. Kadar antiseptik yang besar dalam daun sirih pun menjadikannya banyak dimanfaatkan untuk mengatasi anyir tubuh dan mulut, penyembuhan luka dan radang kulit, sekaligus juga ampuh dalam menyembuhkan keputihan yang sering diderita wanita. Konsentrasi fenol daun sirih ialah 5 kali lebih ampuh sebagai antiseptik kalau dibanding senyawa fenol kebanyakan.

1. Daun sirih untuk mimisan
Siapkan selembar daun sirih segar yang bersih. Gulung dan sedikit ditekan supaya keluar air sarinya. Selanjutnya tutupkan gulungan daun sirih pada hidung yang mimisan tadi dan tunggu 5 menit. Cara ini akan menimbulkan pendarahan pada hidung cepat mandek.

2. Daun sirih untuk menghalau anyir lisan tak sedap dan mencegah kerusakan gigi
Untuk itu siapkan selembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih. Dengan mengunyah-ngunyah daun sirih, biarkan selama beberapa menit di dalam lisan lalu ludahkan. Lakukan kebiasaan itu dua hingga tiga kali sehari. Cara lain ialah dengan merebus 6 lembar daun sirih segar bersama 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga hambar lalu disaring. Menggunakan air godokan daun sirih tadi kumur-kumurlah tiap-tiap pagi dan petang.

3. Daun sirih untuk pembengkakan gusi
Sediakan daun sirih segar sebanyak 6 lembar. Cuci hingga higienis dan masak beserta 3 gelas air higienis hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Setelah itu saring dan terakhir masukkan sedikit garam. Menggunakan ramuan tadi kumur-kumurlah tiga kali sehari.

4. Daun sirih untuk menyingkirkan anyir tubuh tak sedap
Siapkan 3 lembar daun sirih yang masih segar. Cuci hingga higienis dari kotoran. Selanjutnya rendam memakai air panas sebanyak setengah gelas. Tambahkan 1 sdt gula putih. Tunggu ramuan hingga suam-suam kuku. Ambil daun sirih dari gelas dan minum larutan tadi hingga habis.

5. Daun sirih untuk menghalau aroma tak sedap ketiak
Manfaat daun sirih untuk ketiak ini dengan menyediakan 1 lembar daun sirih segar, lalu oleskan sedikit kapur. Remas-remas hingga lumat dan lalu balurkan di ketiak. Tunggu beberapa ketika hingga mengering dan basuh ketiak dengan air bersih.
LihatTutupKomentar