-->

Rahasia Menghidangkan Tahu Pletok Sambal Kecap Kekinian

Bosan sama sajian makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep tahu pletok sambal kecap ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! tahu pletok sambal kecap cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan perayaan.

Tahu Pletok Sambal Kecap

Banyak orang malas mulai memasak tahu pletok sambal kecap karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari tahu pletok sambal kecap! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibuat tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Meski sederhana, nyatanya makanan ini bisa bikin orang ketagihan mencicipinya. Tahu pletok bakal makin enak disantap dengan sambal kecap. Selain sambal kecap, kudapan ini bisa disantap dengan saus.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat membuat tahu pletok sambal kecap hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin tahu pletok sambal kecap yuk!

Untuk menyiapkan Tahu Pletok Sambal Kecap, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 65 gr of Tepung Kobe Putih.
  2. Ambil 50 gr of Tepung Terigu.
  3. Diperlukan 100 ml of air mendidih (air+2 siun bawang putih halus).
  4. Dibutuhkan 2 batang of daun bawang.
  5. Siapkan 10 of Tahu segitiga.
  6. Ambil of Garam.

Tahu pletok adalah tahu khas daerah Tegal. Sederhana saja sebetulnya, hanya tahu berbentuk segi empat dan kemudian di belah silan. Setelah kekuningan dan aci matang, angkat dan tiriskan minyaknya. Tahu pletok ini enak disantap saat hangat bersama dengan cabai rawit, kecap sambal.

Proses membuat Tahu Pletok Sambal Kecap:

  1. Siapkan bahan bahannya terlebih dahulu..
  2. Campur tepung terigu, Tepung Kobe, garam, hingga rata..
  3. Masukkan air yang mendidih, kemudian aduk hingga rata.
  4. Setelah itu tambahkan daun bawang yang sudah dipotong.
  5. Isi adonan ke tahu yang sudah dibelah.
  6. Goreng menggunakan minyak panas hingga matang.
  7. Sajikan dengan sambal kecap (kecap, bawang merah, cabai rawit).
Tambahkan air, kecap, tahu, garam dan gula. Masak hingga air menyusut lalu tambahkan teri dan aduk rata. Tahu pletok diolah dari tahu kulit yang berwarna coklat. Tahu kulit ini selanjutnya diolesi dengan adonan aci atau tepung kanji, lalu digoreng hingga garing dan renyah. Penyajian tahu pletok belum lengkap jika tidak dibarengi sambal kecap pedas.

Mudah bukan membuat tahu pletok sambal kecap? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar