-->

Fenomena Sosial (Artikel Lengkap)

Fenomena sosial ialah semua sikap yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang/kelompok tertentu dari atau terhadap orang/kelompok lain. Fenomena sosial sanggup diartikan sebagai peristiwa yang terjadi dan sanggup diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial terjadi ketika insan menganggap segala sesuatu yang dialaminya ialah sebuah kebenaran mutlak. Fenomena sosial sanggup terjadi dimana saja, baik itu di desa maupun kota.
Baca juga: 15 Contoh Fenomena Sosial
 Fenomena sosial ialah semua sikap yang memengaruhi atau  dipengaruhi oleh orang Fenomena Sosial (Artikel Lengkap)
1. Fenomena Sosial Sebagai Masalah dan Yang Berdampak Positif
Fenomena sosial sanggup menjadi duduk perkara dan sanggup juga berdampak positif. Contoh fenomena sosial yang mengakibatkan duduk perkara ialah tawuran antar pelajar. Sedangkan pola fenomena sosial yang berdampak konkret ialah acara kerja bakti di lingkungan RT. Fenomena sosial yang berdampak negatif sanggup terjadi lantaran adanya sikap menyimpang yang harus dikendalikan dengan pengendalian sosial.
2. Penyebab Terjadinya Fenomena Sosial
Fenomena sosial terjadi lantaran banyak sekali macam faktor menyerupai lingkungan, perkembangan zaman, budaya, dan pola pikir seseorang/kelompok. Fenomena sosial yang terjadi lantaran budaya contohnya pulang kampung dikala lebaran. Contoh fenomena sosial yang terjadi lantaran pola pikir ialah kegiatan para relawan yang pribadi menolong dikala terjadi tragedi alam. Contoh fenomena sosial yang terjadi lantaran perkembangan zaman ialah makin banyak orang-orang yang menentukan berkomunikasi memakai media sosial.
3. Perilaku Menyimpang yang Mengakibatkan Terjadinya Fenomena Sosial
Baca juga: Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)
Perilaku menyimpang ialah sikap seseorang/kelompok yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat yang mengakibatkan perjuangan dari pihak berwenang untuk mengendalikan sikap menyimpang tersebut. Perilaku menyimpang sanggup disebabkan oleh efek pergaulan, kondisi keluarga, dan sobat dekatnya. Perilaku menyimpang yang dilakukan secara berkelompok sanggup mengakibatkan terjadinya fenomena sosial. Seperti kegiatan balapan liar anak jalanan pada malam hari.
4. Pengendalian Sosial Sebagai Solusi Atas Fenomena Sosial Berdampak Negatif
Pengendalian sosial ialah segala upaya untuk mengajak/memaksa seseorang/kelompok untuk kembali mentaati norma yang berlaku di suatu tempat. Pengendalian sosial sanggup dilakukan oleh Polisi atau orang yang dipercaya oleh masyarakat.



Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)
LihatTutupKomentar