-->

PPG (Pedagogik) - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pedagogik Lengkap Jawaban
  1. Untuk mengidentifikasi potensi peserta didik dapat dikenali dari..
    a. Ciri-ciri (indikator) keberbakatan peserta didik dan kecenderungan minat jabatan
    b. Jenis kelamin peserta didik
    c. Keturunan siswa
    d. Keinginan dari keluarga
  2. Kelompok ciri keberbakatan, kecuali ...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja 
  3. Peserta didik berbakat memiliki perbendaharaan kata-kata yang lebih banyak dan lebih maju dibandingkan peserta didik biasa merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  4. Cepat menangkap hubungan sebab akibat merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  5. Cepat memahami prinsip dasar dari suatu konsep merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  6. Seorang pengamat yang tekun dan waspada merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  7. Mengingat dengan tepat serta memiliki informasi aktual merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  8. Selalu bertanya-tanya merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  9. Cepat sampai pada kesimpulan yang tepat mengenai kejadian, fakta, orang atau benda merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  10. Menunjukkan rasa ingin tahu yang luar biasa merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja 
  11. Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja 
  12. Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  13. Sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  14. Tidak terhambat mengemukakan pendapat merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  15. Berani mengambil resiko, suka mencoba, peka terhadap keindahan dan segi-segi estetika dari lingkungannya merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  16. Mudah terbenam dan benar-benar terlibat dalam suatu tugas merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  17. Sangat tangguh dan ulet menyelesaikan masalah merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  18. Bosan menghadapi tugas rutin merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  19. Mendambakan dan mengejar hasil sempurna merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  20. Lebih suka bekerja secara mandiri merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  21. Sangat terikat pada nilai-nilai baik dan menjauhi nilai-nilai buruk merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja 
  22. Bertanggung jawab, berdisiplin, sulit mengubah pendapat yang telah diyakininya merupakan kelompok ciri keberbakatan dari...
    a. Kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability)
    b. Kreativitas (creativity) tergolong tinggi
    c. Komitmen terhadap tugas (task commitment) tergolong tinggi
    d. Tanggung jawab biasa-biasa saja
  23. Kecenderungan minat jabatan peserta didik dapat dikenali dari...
    a. Keinginannya
    b. Dorongan
    c. Dukungan
    d. Kepribadiannya
  24. Kecenderungan untuk bersikap apa adanya merupakan tipe kepribadian...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  25. Rapi, terus terang, keras kepala, tidak suka berkhayal, dan tidak suka kerja keras merupakan ciri-ciri kecenderungan dari...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative)
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  26. Jawaban: aKecenderungan sebagai penyelidik merupakan tipe kepribadian...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  27. Analitis, hati-hati, kritis, suka yang rumit, dan rasa ingin tahu besar merupakan ciri-ciri kecenderungan dari...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  28. Kecenderungan suka terhadap seni merupakan tipe kepribadian...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  29. Tidak teratur, emosi, idealis, imajinatif, dan terbuka merupakan ciri-ciri kecenderungan dari...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  30. Kecenderungan suka terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial merupakan tipe kepribadian...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  31. Melakukan kerja sama, sabar, bersahabat, rendah hati, menolong, dan hangat merupakan ciri-ciri kecenderungan dari...
    a. Realistik (realistic)
    b. Penyelidik (investigative),
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  32. Kecenderungan menyukai bidang usaha merupakan tipe kepribadian...
    a. Suka usaha (enterprising)
    b. Tidak mau berubah (conventional)
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  33. Ambisius, energik, optimis, percaya diri, dan suka bicara merupakan ciri-ciri kecenderungan dari...
    a. Suka usaha (enterprising)
    b. Tidak mau berubah (conventional)
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  34. Kecenderungan untuk mempertahankan hal-hal yang sudah ada, enggan terhadap perubahan merupakan tipe kepribadian...
    a. Suka usaha (enterprising)
    b. Tidak mau berubah (conventional)
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  35. Hati-hati, bertahan, kaku, tertutup, dan patuh konsisten ciri-ciri kecenderungan dari...
    a. Suka usaha (enterprising)
    b. Tidak mau berubah (conventional)
    c. Seni (artistic)
    d. Sosial (social)
  36. Cara pengumpulan informasi untuk mengidentifikasi anak berbakat, yaitu....
    a. Data objektif dan subjektif
    b. Data nominal dan ordinal
    c. Data numerik dan logis
    d. Data verbal dan non verbal
  37. Identifikasi melalui penggunaan data objektif diperoleh melalui, kecuali...
    a. Skor tes inteligensi individual
    b. Skor tes inteligensi kelompok
    c. Skor tes akademi dan kreativitas
    d. Ceklis perilaku
  38. Identifikasi melalui penggunaan data subjektif diperoleh dari, kecuali
    a. Ceklis perilaku
    b. Nominasi oleh guru dan orang tua
    c. Nominasi oleh teman sebayad an diri sendiri
    d. Skor tes akademi dan kreativitas
  39. Pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut peserta didik untuk menghubungkan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut...
    a. Tujuan pembelajaran aspek pengetahuan
    b. Tujuan pembelajaran aspek sikap
    c. Tujuan pembelajaran aspek keterampilan
    d. Semua benar
  40. Pembelajaran yang berkaitan dengan sikap dan nilai, mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai...
    a. Tujuan pembelajaran aspek pengetahuan
    b. Tujuan pembelajaran aspek sikap
    c. Tujuan pembelajaran aspek keterampilan
    d. Semua benar
  41. Pembelajaran yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu...
    a. Tujuan pembelajaran aspek pengetahuan
    b. Tujuan pembelajaran aspek sikap
    c. Tujuan pembelajaran aspek keterampilan 
    d. Semua benar 
Kunci Jawabannya Klik Disini
LihatTutupKomentar